Resep Martabak Telur Asli Spesial

Categories: penganan - On: Thursday, June 4th, 2015

Idontop.com – Resep martabak telur yang bisa dipraktekkan sendiri berikut ini adalah salah satu jajanan yang paling populer dan paling banyak ditemukan di berbagai kios jajanan pinggir jalan yang berbentuk persegi pipih dengan aroma telur yang khas. Hampir semua kalangan masyarakat menyukai rasa martabak telur yang gurih dan sangat cocok menjadi sajian snack ataupun pelengkap nasi saat makan malam. Tak heran, walaupun sudah banyak penjual yang menjajakannya, pembuatan dan penjualan martabak telur adalah salah satu ladang usaha makanan kecil yang menggiurkan di indonesia.

Martabak telur sendiri adalah jajanan yang relatif mudah dibuat yaitu dari kulit dengan bahan tepung terigu yang dipipihkan sedemikian rupa dengan ukuran tertentu kemudian diisi dengan berbagai campuran bahan yang pada umumnya terdiri dari kombinasi telur, daging cincang dan bumbu-bumbu. Dalam membuat martabak telur ini kita membutuhkan sedikit latihan untuk mendapatkan keterampilan dalam membuat ukuran kulit martabak yang pas sehingga hasilnya sempurna setelah diisi dan digoreng.

Yuk, silahkan disimak sendiri cara dan metode pembuatan resep martabak telur kali ini. Dengan mempelajari sendiri pembuatan martabak telur ini anda bisa menambah pengetahuan memasak. Selain itu, jika anda memang suka menyantap martabak telur, anda bisa dengan bebas mengkreasikan isi martabak dengan bahan yang anda sukai yang tentunya tidak bisa ditemukan jika anda membeli martabak di luar.

resep martabak telur spesial

Resep Martabak Telur

Bahan Kulit:
– 400 gram tepung terigu protein tinggi
– 280 ml air
– 1000 ml minyak goreng untuk merendam
– 60 gram minyak goreng
– 1/2 sendok teh garam
– minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan Isi:
– 400 gram daging giling
– 4 siung bawang putih, diiris tipis
– 6 butir bawang merah, diiris tipis
– 4 buah cabai merah, dicincang halus
– 4 sendok teh kari bubuk
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok gula pasir
– 2 batang daun bawang, diiris halus
– 2 sendok m minyak untuk menumis

Bahan Campuran Per Porsi:
– 100 gram bahan tumisan daging
– 50 gram daun bawang, diiris halus
– 4 butir telur bebek, dikocok lepas
– 1 buah (50 gram) bawang bombay, dicincang halus
– 1 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Martabak Telur:
1. Untuk membuat kulit: campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni sampai elastis.
2. Setelah itu timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam.
3. Untuk membuat isi: tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai harum. Tambahkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
4. Setelah itu masukkan kari bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Sisihkan.
5. Pipihkan kulit dan giling tipis. Campur daun bawang, telur bebek, bawang bombay, garam, merica bubuk, dan tumisan daging. Aduk rata.
6. Panaskan minyak dalam wajan martabak. Letakan selembar kulit. Beri campuran isi. Lipat. Goreng sampai matang sambil disiram minyak.
7. Hasil untuk 15 porsi

******

Baca juga:

resep tahu isi goreng gurih spesial

resep kue donat klasik empuk

resep martabak manis terang bulan istimewa

Demikianlah resep martabak telur yang bisa dibagikan pada postingan kali ini, jangan lupa datang berkunjung kembali untuk melihat aneka resep makanan ringan tradisional indonesia hanya di blog ini.