Resep Kue Ongol-Ongol Asli Enak

Categories: kue basah, kuliner - On: Wednesday, May 20th, 2015

Idontop.com – Kue ongol-ongol adalah salah satu kue khas indonesia dimana bagi anda yang menyukai jajanan tradisional pastinya sudah pernah mencoba kue yang berbentuk bulat ini karena memang sering dibuat bahkan dijual di berbagai kios kue tradisional. Ongol-ongol dibuat dari tepung sagu yang dibentuk bulat dengan campuran gula aren kemudian dimasak dan disajikan bersama parutan kelapa. Perpaduan ketiga bahan pembuatan kue ongol-ongol yang diolah secara sederhana ini cukup pas menemani hari-hari istimewa seluruh keluarga terutama bagi mereka yang lebih menyukai aneka jenis kue tradisional indonesia.

kue ongol-ongol

Simak pembuatan sederhana kue ongol-ongol berikut ini yang bisa kamu coba untuk memperkaya pengetahuan kuliner tradisional daerahmu. Membuat resep kue ongol-ongol ini cukup sederhana saja dan tidak membutuhkan kemampuan memasak yang ahli. Silahkan dicoba.

Resep kue ongol-ongol

Bahan

  • 125 gram tepung sagu
  • 180 gram gula Jawa, sisir
  • 350 ml air
  • 100 gram kelapa parut yang sudah dikukus
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan secukupnya

Cara membuat ongol ongol

  1. Pertama-tama campur tepung sagu dan 120 ml air serta garam secukupnya, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah itu rebuslah sisa air bersama dengan gula jawa dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan angkat.
  3. Selanjutnya campurkan larutan tepung sagu dengan air rebusan gula tadi, aduk hingga tercampur rata, masak dengan api kecil hingga kental.
  4. Tuangkan ke dalam wadah, dinginkan.
  5. Setelah dingin dan mengeras, potong-potong sesuai selera.
  6. Terakhir sajikan ongol-ongol dengan parutan kelapa yang sudah dikukus.
  7. Hasil untuik 15 buah.

******

Baca juga:

resep kue apem nangka lembut enak

resep kue cenil original 3 warna

resep kue bugis ketan istimewa

Demikianlah resep singkat kue ongol-ongol kali ini. Jangan lupa untuk melihat aneka cara pembuatan kue basah tradisional lainnya di blog ini. Selamat menikmati!