Resep Kue Bugis Ketan Istimewa

Categories: kue basah - On: Sunday, June 7th, 2015

Idontop.com – Resep kue bugis kali ini adalah resep kue basah tradisional asal indonesia yang cukup familiar dan disukai terutama bagi mereka penggemar kue tradisional indonesia. Kue bugis biasa kita lihat dijajakan di pasar tradisional sebagai camilan yang murah dengan rasa yang enak. Kue bugis sendiri terbuat dari tepung ketan dan kanji yang diisi dengan campuran gula merah dan parutan kelapa kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Adapun warna kue bugis yaitu jingga menjadi paduan pas dengan rasanya yang manis legit dan sebagai kue basah, kue ini cukup mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras. Mungkin sebagian dari anda ada yang menanyakan mengapa kue basah ini disebut kue bugis? Apakah karena kue ini berasal dari daerah suku bugis di Sulawesi Selatan. Nah ternyata tidak sepenuhnya benar karena kue ini juga sudah dikenal di daerah lain dengan nama berbeda, seperti di pulau Jawa kue ini dikenal dengan kue ‘mendut’, sedangkan di Sumatera (padang) kue ini disebut ‘lapek bugis’ atau ‘lepat bugih’.

resep kue bugis ketan istimewa

Untuk anda yang menyukai kuliner kue tradisional ada baiknya mencoba membuat sendiri resep kue bugis yang diterangkan dibawah ini. Pembuatan kue bugis sendiri cukup sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan dan kemampuan kuliner tinggi, namun kebiasaan dan ketelatenan sedikit diperlukan agar hasil kue bugis yang dibuat bentuknya bagus dengan tekstur kue yang tidak terlalu keras. Yuk, silahkan disimak sendiri metode pembuatan kue bugis berikut ini.

Resep Kue Bugis

Bahan:
– 250 gram tepung ketan
– 50 gram tepung kanji
– 100 cc air
– 75 cc air daun suji dari 10 lembar daun suji dan 10 lbr daun pandan
– 1 sdt air kapur sirih
– 1 sdt tepung beras
– ¼ sdt garam
– Daun pisang untuk membungkus

Bahan Isi:
– 250 gram gula merah diiris
– ½ butir kelapa muda, diparut

Cara membuat kue bugis:
1. Pertama-tama, campur bahan untuk isi, masak sampai air habis. Bulatkan sebesar kelereng.
2. Setelah itu, campur ketan, tepung kanji, tepung beras, air kapur sirih. Tuangi air suji sedikit demi sedikit, aduk dengan tangan sampai adonan dapat digulung.
3. Jika telah selesai, bulatkan adonan dengan garis tengah ±3 cm.
4. Taruh adonan pada daun pisang yang telah diolesi minyak beri sedikit gula merah bulatkan kembali, bungkus. Kukus sampai matang.
5. Agar kelihatan cantik, buka daunnya kembali satu persatu dan bungkus lagi dengan daun pisang segar yang muda.
6. Hasil untuk 15 buah.

******

Baca juga:

resep kue pukis keju

resep kue ongol-ongol asli enak

resep kue apem nangka lembut enak

Demikinalah resep kue bugis ketan istimewa yang bisa diposkan pada halaman resep kali ini. Pembaca sekalian jangan lupa datang berkunjung kembali untuk melihat postingan aneka resep spesial kue basah tradisional yang ada di blog ini. Selamat menikmati!