Resep Brownies Coklat Keju Spesial

Categories: cake terbaru, kue basah - On: Friday, June 5th, 2015
Advertisement

Idontop.comResep brownies coklat keju kali ini adalah sebuah kreasi resep kue yang berasal dari negara amerika dan sudah sangat familiar dan menjadi trend saat ini khususnya bagi para pecinta kuliner kue dan cake di perkotaan. Adapun hal yang paling khas yang bisa ditemui pada jenis brownies ini adalah tekstur dan rasa yang unik dan beda dengan yang bisa ditemukan pada cake pada umumnya, dimana cake ini tidak memakai pengembang seperti bila kita membuat cake pada umumnya namun rasanya bahkan lebih enak.

Brownies sendiri sebenarnya dikenal mulai tahun 1800an. Pada awalnya, sebuah brownies berbahan coklat adalah sebuah jajanan yang dipanggang dalam berbentuk persegi, datar atau bar yang dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 kemudian dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20. Ada berbagai cerita yang beredar mengenai asal muasal terciptanya kue brownies yaitu berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang yang lazimnya disebut baking powder dalam resep adonan saat ingin membuat kue bolu coklatnya. Sehingga alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat yang harusnya lembut, tebal, dan banyak berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah.

Bagi anda yang ingin mencoba kue brownies ini namun tidak berniat untuk membelinya di toko kue, ada baiknya bila anda mencoba mempraktekkan metode pembuatan kue brownies ini di dapur anda. Selain bisa menghemat uang juga bisa menambah pengetahuan dan keterampilan pembuatan kue yang anda miliki. Tentunya bila anda berhasil membuat brownies ini maka anda akan mendapat pujian dari seluruh anggota keluarga. Kue brownies ini sangat cocok disajikan selain untuk acara dan momen spesial juga bisa menemani segelas kopi hangat saat acara santai.

resep brownies coklat keju spesial

Resep Brownies Coklat Keju

Bahan:
– 5 kuning telur
– 3 putih telur
– 125 gram gula pasir
– 60 gram tepung terigu protein sedang
– 15 gram tepung maizena

Bahan 1:
– 35 gram margarin
– 25 gram dark cooking chocolate, potong-potong
– 1/2 sendok teh cokelat pasta

Bahan 2:
– 35 gram margarin
– 25 gram keju cheddar parut
– 75 gram butter cream untuk olesan
– 50 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat brownies coklat keju:
1. Bahan 1, panaskan margarin. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Masukkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisihkan. Lakukan hal yang sama pada bahan 2. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
3. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata.
4. Bagi 2 adonan. Satu bagian tambahkan bahan 1. Aduk perlahan. Tuang ke loyang 24x12x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 5 menit.
5. Tuang sisa bahan dengan margarin dan keju. Aduk perlahan. Tuang ke atas lapisan 1. Kukus 15 menit. Angkat. Biarkan dingin.
6. Oles butter cream. Tabur keju cheddar parut. Keju parut ini sebaiknya ditabur pada saat disajikan agar tidak kering.
7. Hasil untuk 12 potong

******

Baca juga:

resep rainbow cake lembut enak

resep bolu kukus mekar spesial

resep cake orange chiffon putih telur

Demikianlah resep brownies coklat keju yang bisa diposkan pada halaman ini. Pembaca jangan lupa untuk datang berkunjung kembali dan melihat aneka resep kue dan cake spesial lainnya di blog ini. Semoga pembuatannya berhasil!