Resep Bolu Kukus Mekar Spesial

Categories: cake terbaru, penganan - On: Wednesday, June 3rd, 2015

Idontop.com – Resep bolu kukus mekar kali ini adalah kue cake yang mekar dengan toping warna-warni yang tentunya sudah cukup terkenal sebagai sajian penganan yang lezat. Bolu kukus ini dibuat dari tepung terigu, telur, gula pasir dan minuman bersoda yang dikukus dan menghasilkan rasa bolu yang manis dan gurih walaupun bahan pembuatannya cukup sederhana.

Bolu sendiri sebenarnya pada umumnya lebih populer dibuat dengan cara dipanggang namun variasi bolu yang dikukus juga banyak disukai sebab pembuatannya lebih cepat dan mudah serta tekstur khas yang dihasilkan akan lebih mengembang. Perbedaan yang cukup mendasar dari kedua bolu ini dalam cara membuatnya adalah komposisi dan perbandingan air yang digunakan pada bolu kukus lebih banyak. Hal ini dimaksudkan untuk membuat adonan bolu kukus lebih merekah

Silahkan disimak resep bolu kukus mekar berikut ini. Jika sudah jadi, bolu kukus ini sangat cocok disajikan kepada tamu yang berkunjung ke rumah, atau sebagai hidangan ringan keluarga saat santai dan menonton TV. Nah, Jika anda belum terbiasa dalam pembuatan kue dan takut jika hasil dari bolu kukus ini tidak mengembang dengan sempurna, anda bisa mencoba membuatnya dengan tperbandingan takaran kecil terlebih dahulu. Silahkan dicoba!

resep bolu kukus mekar

Resep Bolu Kukus mekar

Bahan:
– 400 gram gula pasir
– 550 gram tepung terigu protein sedang
– 450 ml minuman bersoda tawar (misal sprite atau f&n)
– 4 butir telur
– 4 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
– 1 sendok teh baking powder
– 1 sendok teh esens vanili
– 4 tetes pewarna merah muda
– 4 tetes pewarna hijau muda

Cara membuat bolu kukus mekar:
1. Pertama-tama kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai kaku selama 10 menit.
2. Tahapan selanjutnya, masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak bergantian dengan minuman bersoda tawar sambil dikocok perlahan. Tambahkan esens vanili. Aduk rata.
3. Setelah itu ambil 50 gram adonan tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata.
4. Ambil juga 50 gram adonan tambahkan pewarna hijau muda. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.
5. Selanjutnya sendokkan adonan putih ke cetakan bolu kukus yang dilapisi kertas roti.
6. Tambahkan adonan merah muda dan adonan hijau muda di atasnya.
7. Kukus 10 menit dengan api besar sampai matang.
8. Hasil untuk 20 buah

Sedikit tips agar resep bolu kukus ini dapat matang dan mengambang dengan sempurna yaitu usahakan gunakan cetakan dari bahan alumunium, sebab bahan panasnya saat dikukus dapat lebih merata. Selain itu, jangan sekali-kali membuka penutup panci saat sedang mengkukus dan biarkan benar-benar matang dalam waktu kurang lebih 10 menit.

******

Baca juga:

resep cake orange chiffon putih telur

resep brownies coklat keju spesial

resep rainbow cake lembut enak

Demikianlah resep bolu kukus mekar yang bisa diposkan kali ini. Jangan lupa datang berkunjung kembali untuk membaca dan mempraktekkan sendiri aneka kreasi resep cake maupun kue bolu lainnya hanyya di blog ini.