7 Khasiat dan Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Categories: manfaat - On: Saturday, June 6th, 2015
Advertisement

Idontop.com – Manfaat Buah Pir. Buah pir adalah buah berwarna putih dengan tekstur daging buah manis yang mengandung banyak air dan dengan rasa yang menyerupai buah apel. Buah pir cukup populer dipakai sebagai buah pencuci mulut dengan rasa manis dan kandungan air dan nutrisi yang banyak sangat cocok dikonsumsi setelah makan.

Selain sebagai buah pencuci mulut yang manis, buah pir juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengambil nutrisi lengkap saat mengonsumsi buah pir, bersihkan buah pir segar, keringkan dan makan bersama dengan kulitnya. Dengan cara ini anda akan mendapatkan sebagian besar kandungan serat, fitonutrien dan antioksidan dalam buah ini. Pir juga dapat diiris dengan menggunakan corer apel. Anda perlu memotongnya menggunakan talenan, agar inti buah bisa dibuang dengan mudah. Teteskan 2-3 tetes jus lemon ke dalam irisan pir secepat mungkin, agar tidak cepat teroksidasi.

Dalam memilih buah pir, buah yang matang adalah yang terbaik. Pilih buah yang berwarna kuning keemasan, penampilannya terlihat baik, harum dan leher yang sedikit lembut. Sebuah pir yang baik harus lembut, serta kulitnya utuh tanpa luka. Jika kulit buah berwarna coklat muda, maka buah dalam keadaan baik. Pastikan bagian atas buah (dekat dengan batang) tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Untuk mengetahuinya, cukup tekan dengan ringan menggunakan ujung jari Anda, bukan meremas seluruh buah.

manfaat buah pir untuk kesehatan

Nah, simak berikut ini 7 khasiat dan manfaat buah pir yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsinya dalam diet sehat sehari-hari.

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Perawatan Kulit
Pir tidak hanya baik untuk kulit yang berminyak, tetapi juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Buah ini mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air – senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit. Asupan rutin jus buah pir juga bisa membuat kulit Anda halus dan juga sangat baik untuk bibir, karena adanya asam laktat didalam ekstraknya. Kandungan asam buah ini buah bisa menjaga sel-sel bibir tetap sehat dan terhidrasi lebih lama, sehingga bibir Anda menjadi lembut dan halus. Anda bisa dengan mudah menyingkirkan sel-sel kulit mati yang ada di lapisan permukaan kulit Anda dengan cara mencampurkan pir tumbuk kedalam paket wajah biasa, dan kelupaskan kulit Anda dengan itu. Ekstrak buah pir juga dapat digunakan untuk melembutkan kulit , karena akan mempercepat pergantian sel.

Buah Pir yang tinggi serat, juga berperan penting untuk menjaga kulit kita agar tetap halus dan lembut. Serat dalam Buah pir akan mengurangi kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah, sehingga mencegah kerusakan kolagen(sejenis protein) pada kulit – yang bisa disebabkan karena seringnya lonjakan gula darah. Dengan demikian kita bisa mendapatkan kulit yang halus. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan tembaga. Semua elemen ini bermanfaat untuk memerangi radikal bebas berbahaya, sehingga sel-sel kulit kita akan terlindung dari kerusakan parah. Hal ini akhirnya akan membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata kita serta daerah bibir.

Untuk perawatan kulit berminyak, anda cukup menghancurkan buah pir dan mencampurkannya dengan madu. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah tiga kali dalam seminggu sebagai masker wajah, sehinnga akan mengurangi seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit Anda. Orang dengan kulit yang rawan jerawat juga bisa mendapat manfaat dari pir. Pir mengandung vitamin dan mineral penting dengan kadar tinggi, sehingga buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih mampu untuk melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

2. Mencegah penyakit jantung dan kanker
Manfaat serat yang banyak ditemukan dalam buah pir akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita, sehingga akan memberikan perlindungan bagi tubuh kita dari penyakit jantung. Makan-makanan yang kaya serat seperti buah pir bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 %. Kandungan serat tinggi dalam buah pir juga akan mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya keluar dari tubuh dan mencegah kanker usus besar. Satu buah pir setiap hari bisa menurunkan resiko kanker pay*dara hingga 34 % pada wanita setelah menopause.

3. Menjaga kadar gula darah dan kekebalan tubuh
Meskipun sedikit agak manis, namun buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah dan tinggi serat, sehingga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes. Senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan dalam buah pir akan membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, tingginya kandungan antioksidan, seperti vitamin C, A, dan tembaga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan berbagai penyakit.

4. Kesehatan Tulang
Masalah tulang adalah kejadian yang sangat umum masa kini. Jadi dalam rangka untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan mencukupi asupan kalsium. pH tubuh bisa dipertahankan dengan jalan diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pir kaya akan boron, yang dapat mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

5. Kesehatan Pencernaan
Buah pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 20-25 % asupan serat harian yang direkomendasikan. Karena jenis serat dalam buah pir adalah tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus. Kandungan serat tinggi buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan. Baca juga: Manfaat Serat bagi kesehatan tubuh.

6. Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil
Asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi aman dan terhindar dari cacat lahir. Buah pir banyak mengandung nutrisi ini, dan Anda bisa memakannya secara teratur selama kehamilan untuk memperoleh manfaatnya.

7. Perawatan dan Kesehatan Rambut
Buah pir juga memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi sehat dan bergizi. Pir terutama yang masak mengandung alk*hol gula alami yang bernama “sorbitol” atau ‘”glusitol “, yang memberi makan akar rambut, menjaga kulit kepala, serta membuat rambut lembap dan sehat. Jika Anda khawatir dengan rambut yang kusam, maka pir bisa membantu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan masker rambut alami, yaitu dengan mencampurkan ekstrak 1 buah pir segar dan matang, 2 sendok makan cuka sari apel dan air. Hal ini akan mengembalikan rambut yang kusam dan membuatnya kembali berkilau.

******

Baca juga:

7 khasiat dan manfaat daun jambu buji untuk pengobatan

7 manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

6 khasiat dan manfaat buah belimbing untuk kecantikan dan kesehatan

Demikianlah 7 manfaat utama buah pir untuk kesehatan yang bisa anda ambil dengan mengonsumsinya sehari-hari. Semoga info kali ini bisa menjadi referensi dan menyadarkan kita untuk selalu mengonsumsi buah dalam diet sehat sehari-hari.