8 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Categories: manfaat - On: Sunday, June 7th, 2015

Idontop.com – Manfaat asam jawa. Asam jawa atau yang di dalam bahasa inggris dikenal dengan nama tamarind adalah buah yang diindonesia populer sebagai bumbu masakan karena aroma dan rasa masam yang cocok untuk memberikan aroma penguat pada masakan dan juga seringkali dipakai sebagai bahan pengawet makanan. Selain manfaat asam jawa untuk masakan dan pengawet makanan, ternyata asam jawa juga memiliki banyak khasiat penting untuk kesehatan yang bisa dimanfaatkan dengan mudah berkat kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Adapun di dalam buah asam jawa terkandung berbagai nutrisi yang banyak dan tentunya memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam sam jawa seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, dan serat makanan. Selain itu, ada juga beberapa jenis senyawa organik yang menjadikan asam jawa sebagai agen anti-oksidan dan antiinflamsi yang baik.

khasiat dan manfaat asam jawa

Khasiat Dan Manfaat Asam Jawa

Berikut ini beberapa khasiat utama dan manfaat asam jawa yang penting untuk kesehatan dan pengobatan penyakit selain kegunaannya sebagai bumbu dan rempah untuk berbagai jenis masakan.

1. Memperbaiki Fungsi Syaraf
Salah satu vitamin penting dalam asam jawa adalah vitamin B kompleks. Tiamin atau vitamin B1, salah satu keluarga dari vitamin B, ditemukan di dalam asam jawa dengan jumlah yang tinggi. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf serta perkembangan otot, membuat anda untuk tetap aktif dan menjaga refleksif anda.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tingginya kadar vitamin C serta efek antioksidan lainnya pada asam jawa memiliki dampak positif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jangka panjang dari ancaman infeksi mikroba dan jamur. Selain itu, hal tersebut juga dapat mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena adanya efek antiseptik dan antimikroba. Asam jawa juga diyakini dapat mengusir cacing perut pada anak-anak yang tinggal di daerah tropis di mana asam jawa banyak ditemukan.

3. Menurunkan Berat Badan
Salah satu senyawa unik dalam asam jawa adalah HCA (hydroxycitric acid). HCA dikaitkan dengan penurunan berat badan karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang secara khusus membantu menyimpan lemak. Selain itu, asam jawa juga telah dikenal dapat menekan nafsu makan dengan meningkatkan neurotransmitter serotonin. Beberapa penelitian yang masih berlangsung menunjukkan adanya tanda-tanda menjanjikan dari asam jawa yang bisa digunakan sebagai suplemen penurun berat badan.

4. Menstabilkan Sirkulasi Oksigen Dalam Tubuh
Asam jawa merupakan sumber zat besi yang baik, dan seporsinya saja sudah menyediakan lebih dari 10 % jumlah kebutuhan harian zat besi yang diperlukan tubuh. Pasokan zat besi yang sehat dapat menjamin jumlah sel darah merah dalam tubuh, dan hal ini juga menjamin sirkulasi oksigen pada otot-otot dan organ-organ tubuh yang membutuhkannya agar dapat bekerja dengan baik. Sebagai informasi, kekurangan zat besi dapat memicu terjadinya anemia yang biasanya ditandai dengan kekurangan tenaga, lelah, sakit kepala, gangguan kognitif, dan masalah perut. Mengonsumsi asam jawa diyakini dapat mencegah anemia.

5. Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam jawa terbukti efektif dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat di dalamnya diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) berlebih pada pembuluh darah dan arteri. Kalium dalam asam jawa diketahui juga mampu menurunkan tekanan darah karena perannya sebagai vasolidator yang bisa mengurangi stres pada sistem kardivaskular. Vitamin C dalam asam jawa juga mungkin memiliki sesuatu yang serupa. Hal ini karena vitamin C termasuk senyawa antioksidan yang dapat mengurangi dampak dari radikal bebas, di mana radikal bebas ini sering dikaitkan dengan penyakit jantung ataupun permasalahan kesehatan lainnya.

6. Mengontrol Gula Darah
Makanan berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan peluang glukosa dan kadar insulin semakin tidak terkontrol. Kondisi tersebut apabila benar-benar terjadi akan menjadi masalah terbesar bagi penderita diabetes. Nah, peran asam jawa dalam hal ini adalah membantu memantau dan mengendalikan fluktuasi yang bisa terjadi.

7. Anti-inflamasi
Minyak esensial dari asam jawa telah dikaitkan dengan kemampuannya sebagai anti-inflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan peradangan, artritis, rematik, asam urat, serat juga dapat mengurangi iritasi pada mata. Salah satu bentuk yang paling umum dari hal tersebut adalah konjungtivitis (pink eye). Asam jawa telah menunjukkan kemampuannya untuk meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi, sehingga tidak heran ada banyak obat herbal yang bahan bakunya memanfaatkan asam jawa.

8. Kesehatan Pencernaan
Asam jawa telah diyakini dan dianggap sebagai obat pencahar alami. Hal ini mungkin terkait dengan serat yang dikandungnya. Mengonsumsinya secara langsung atau melalui makanan yang menggunakan asam jawa sebagai bahan campurannya diketahui dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan tubuh menjadi lebih baik. Serat yang ada di dalam asam jawa dapat merangsang asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan. Asam jawa juga dapat mendorong kinerja empedu, yang dapat membantu melarutkan makanan lebih cepat. Bagi anda yang sedang menderita sembelit kronis, maka asam jawa bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam jawa juga efektif dalam mengatasi diare kronis.

******

Baca juga:

9 khasiat dan manfaat buah durian untuk kesehatan

7 khasiat dan manfaat buah pir bagi kesehatan dan kecantikan

7 khasiat dan manfaat daun jambu buji untuk pengobatan

Demikinalah beberapa fakta nutrisi serta manfaat asam jawa yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Semoga artikel kali ini bisa memberikan tambahan informasi dan pengetahuan yang berguna untuk kita. Jangan lupa datang kembali untuk melihat aneka informasi kesehatan lainnya hanya di blog ini.