Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Categories: tips cantik, tips sehat - On: Thursday, June 4th, 2015

Idontop.com – Cara memutihkan gigi secara alami. Gigi putih cerah dengan bentuk yang baik adalah dambaan setiap orang dimana kondisi warna gigi yang biasanya kuning akan menurunkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum atau sekedar memberikan senyum untuk orang baru yang ditemui di suatu tempat. Kondisi ini tentunya cukup merugikan baik dalam pergaulan maupun di dunia kerja. Perlu adanya tindakan aktif dari anda sendiri agar masalah warna gigi yang tidak cerah ini bisa teratasi secepatnya.

Manusia pada dasarnya dilahirkan dengan warna gigi putih cerah, dimana penampakan ini bisa kelihatan saat kita masih bayi. Adapun perubahan pada warna gigi disebabkan karena gaya hidup tidak sehat serta perlakuan terhadap gigi yang menyebabkan perubahan ini. Gaya hidup yang tidak sedat contohnya merokok, terlalu banyak mengonsumsi kopi dan teh, tidak berkumur setelah makan, dan banyak mengonsumsi makanan dengan bahan kimia berwarna dapat mengikis pigmen putih pada gigi dan menyebabkan perubahan warna gigi menjadi relatif gelap.

cara memutihkan gigi secara alami

Dalam usaha memutihkan dan merawat gigi saat ini teknologi kedokteran sudah sangat canggih dan modern dengan berbagai inovasi yang bisa membuat warna gigi yang kuning menjadi putih kembali dengan perawatan teratur. Namun bila anda adalah orang sibuk dan tidak punya waktu mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan, anda bila memilih untuk mamakai cara alami yang mudah pengaplikasiannya dan juga relatif murah. Yuk, simak beberapa tips cara memutihkan gigi secara alami dan mudah yang dijabarkan pada poin-poin berikut.

Bahan Alami Untuk Memutihkan Gigi

Baking soda
Baking soda yang familiar sebagai bahan dalam pembuatan kue dan makanan juga terkenal sebagai penghilang noda, tidak terkecuali noda kuning pada gigi. Karena baking soda bersifat kuat dan keras, pemakaian baking soda untuk gigi perlu dibatasi. Cukup gunakan baking soda 1 atau 2 kali dalam sebulan. Cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah dengan mengoleskannya ke permukaan gigi selama 5-10 menit lalu lakukan sikat gigi seperti biasa. Penggunaan baking soda ini cukup efektif untuk memutihkan gigi yang kuning.

Biji asam
Untuk memutihkan gigi secara alami juga bisa memakai biji asam. Caranya serhana, cukup sediakan beberapa asam kemudian ambil bijinya. Cuci biji asam hingga bersih, setelah itu goreng sangrai atau goreng tanpa minyak biji asam tersebut. Biji yang telah matang digoreng kemudian ditumbuk hingga halus. Bubuk biji asam yang telah diolah ini kemudian diusapkan ke suluruh permukaan gigi minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cuka apel
Cuka apel adalah bahan yang bersifat abrasive yang bermanfaat efektif untuk memutihkan gigi. Caranya pemakaiannya adalah dengan mencelupkan sikat gigi yang akan digunakan menggosok gigi ke dalam cuka apel. Setelah itu gosok gigi seperti biasa dan kumur dengan air bersih. Dalam perawatan ini, jangan menyikat gigi terlalu lama sebab cuka apel mengandung asam yang kuat yang dapat mengikis kalsium serta mengurangi kekuatan gigi.

Strawberry
Dalam buah strawberry ada konsentrasi asam malat yang berkhasiat memutihkan gigi dengan mengikis noda pada gigi. Cara memutihkan gigi dengan strawberry cukup mudah yaitu dengan menggerus buah strawberry lalu menempelkannya di gigi selama 5 menit saja. Setelah itu bersihkan gigi dari sisa strawberry yang menempel. Cara lainnya dengan menambahkan buah strawberry dengan garam dan baking soda. Haluskan buah strawberry lalu tambahkan sedikit garam dan ½ sendok teh baking soda. Bahan ini diaduk rata dan bisa dipakai sebagai layaknya pasta gigi.

Siwak
Siwak merupakan sejenis kayu yang dapat menjadi alternatif pengganti sikat gigi sekaligus pasta gigi. Siwak berasal dari kayu ranting pohon, yaitu ranting pohon zaitun dan walnut. Di dalam siwak terkandung berbagai macam mineral dan vitamin seperti sodium bicarbonate, silika, sulfur, vitamin C, klorida, pottasium, fluoride, trimethyl amine, salvadorine, dan tannins yang efektif untuk membersihkan, memutihkan dan menyehatkan gigi dan rongga mulut. Bahan diatsa sering dimasukkan sebagai mineral dalam pasta gigi.

Daun salam
Daun salam yang lebih populer sebagai rempah untuk masakan juga bisa dimanfaatkan sebagai pemutih gigi. Cara memutihkan gigi dengan daun salam adalah dengan menyediakan daun salam sebanyak 5-6 lembar kemudian jemur sampai kering. Setelah itu remas hingga menjadi bubuk dan tambahkan bubuk daun salam tersebut dengan kulit jeruk yang telah dihaluskan (berbentuk bubuk). Setelah tercampur dengan rata, gosokkan ke gigi secara rutin setiap hari.

Biji pinang
Dalam biji pinang mengandung sifat astringent dan hemostatic yang dapat mengencangkan gusi dan memutihkan gigi. Masyarakat daerah sering menggunakan biji pinang ini untuk memutihkan gigi dengan membakar biji pinang hingga gosong lalu dihaluskan hingga benar – benar lembut. Gosokkan bubuk biji pinang yang telah dihaluskan ini ke seluruh permukaan gigi menggunakan kain katun. Lakukan secara konsisten 2 minggu sekali hingga hasilnya kelihatan.

Lemon dan garam
Kombinasi larutan lemon dan garam mengandung senyawa antiseptik alami yang dapat membunuh kuman penyebab gigi berwarna kuning. Untuk memutihkan gigi dengan lemon dan garam, sediakan air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan garam secukupnya. Larutan ini kemudian digunakan untuk berkumur.

Produk susu
Rajinlah mengonsumsi produk susu yang kaya kalsium seperti keju, yoghurt, dan lain sebagainya yang secara umum sangat baik untuk kesehatan gigi, kekuatant gigi dan juga untuk warna gigi yang lebih cerah.

Sayur dan buah
Selain memiliki banyak nutrisi kesehatan, konsumsi sayur dan buah secara rutin juga membantu menghindarkan penempelan noda dan mengangkat kotoran menempel pada gigi. Disini anda bisa secara rutin mengkonsumsi buah dan sayuran yang renyah saat dikunyah seperti jambu air, wortel, apel, dan buah pir.

Kulit jeruk
Kulit jeruk dikenal mampu menghilangkan noda gigi secara aman tanpa merusak lapisan email gigi. Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk sangat mudah, cukup dengan menyediakan kulit jeruk yang masih segar kemudian gosok – gosokkan ke gigi secara perlahan.

Tips Memutihkan Gigi

Selain memakai bahan alami diatas, memutihkan gigi membutuhkan usaha yang konsisten dan juga menghindari penyebab gigi menjadi kuning karena beberapa kebiasaan yang sebenarnya justru merusak kesehatan. Simak tips sederhana dibawah ini.

Berhenti / Kurangi Merokok
Kandungan nikotin di dalam rokok membuat suasana mulut menjadi asam. Nikotin tersebut akan menempel di gigi dan terikat pada elemen – elemen gigi. Tak heran jika perokok kebanyakan giginya berwarna kuning atau kecoklatan. Sehingga seorang yang perokok akan sulit mempunyai gigi yang putih. Sebaiknya anda berhenti merokok untuk menghentikan perubahan warna gigi atau jika tidak anda bisa mengurangi dan mengganti jenis rokok menjadi jenis yang mengandung kurang nikotin seperti rokok Mild.

Kurangi Makanan dan Minuman Dengan Banyak Pewarna
Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning adalah makanan atau minuman yang mengandung warna yang mencolok. Semakin mencolok warnanya maka semakin besar potensinya untuk merubah warna gigi. Makanan dan minuman penyebab gigi kuning diantarnya adalah air teh, anggur merah, minuman berenergi, minuman bersoda, permen, saus.

Bersihkan Mulut Setelah Makan
Setelah makan maka sebaiknya bersihkan gigi untuk membuang sisa makanan yang masih ada di mulut. Apabila sisa makanan tersebut dibiarkan dan menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama maka akan berisiko untuk menimbulkan plak gigi yang dapat berlanjut menjadi karang gigi. Karang gigi ini akan membuat penampilan gigi menjadi tidak indah lagi dan terlihat seolah – olah gigi berubah warna menjadi kusam.

Selain itu, untuk anda yang sudah mempunyai kebiasaan menyikat gigi setelah makan sebaiknya perlu diperhatikan. Kebiasaan tersebut memang dianjurkan, namun sebaiknya setelah makan makanan yang manis, jangan langsung terburu-buru menyikatnya. Ketika anda mengunyah makanan yang manis maka mulut akan menjadi asam. Keadaan mulut yang demikian akan dinetralisir dengan cara gigi mengeluarkan enamel. Enamel tersebut berfungsi sebagai perlindungan gigi. Jika terburu – buru segera menyikat gigi maka enamel yang dikeluarkan akan terbuang dan bakteri akan berkembang biak yang bisa menyebabkan rapuh dan menguningnya gigi.

Hati-hati Menggunakan Pemutih Gigi Buatan
Pemutih gigi berbahan kimia yang bisa di beli dengan mudah dan digunakan di rumah ternyata belum bisa bekerja secara efektif memutihkan gigi. Pemutih ini bekerja mengerosi gigi sehingga membuat gigi rapuh dan bukannya warna gigi berubah menjadi putih tetapi malah sebaliknya.

******

Baca juga:

tips cara merawat rambut kering, kusam dan rontok secara alami

tips cara menghilangkan bau kaki secara alami

7 tips cara menghaluskan kulit wajah secara alami

Demikianlah tips cara memutihkan gigi secara alami yang bisa diberikan pada postingan kali ini. Perawatan ini tentunya tidak seefektif dan secepat ketika anda memutihkan gigi dengan cara modern yang mahal namun apabila tips memutihkan gigi yang dipaparkan diatas dilakukan secara konsisten maka hasil yang didapkan tentunya akan memuaskan. Semoga bermanfaat!

Advertisement